Monday, May 31, 2010

30 Days Blogging

Bulan Mei sebentar lagi berakhir. Dan saya mulai bertanya-tanya tentang kegiatan saya dalam ber-ngeblog ria sampai saat ini. Beberapa hal yang sudah (pernah) saya dapatkan, termasuk di antaranya penghargaan, hadiah berupa bingkisan, pujian, dan kritikan sepertinya menguap tanpa arti. Memang, segala hal yang telah tergerus waktu seperti tanpa arti yang dapat menjentik untuk menerbitkan semangat baru.

Saya menyadari bahwa akhir-akhir ini, kehidupan dan kreativitas saya dalam menulis blog seperti stagnan alias jalan di tempat. Saya merasa postingan saya dalam satu bulan tidak mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa saya adalah blogger yang tidak produktif dalam menulis blog. Ingin rasanya hati ini untuk selalu setia menulis di blog sesibuk apapun dan sesempit apapun waktu yang saya punyai.

Untuk itu, bulan Juni nanti (berarti mulai besok) saya akan membuat sebuah tantangan untuk diri saya. Tantangan itu berupa kegiatan untuk menulis blog seproduktif atau sesering mungkin selama 30 hari nonstop. Artinya dalam satu bulan, setiap harinya saya harus membuat paling tidak satu tulisan. Dalam satu hari, boleh diisi beberapa tulisan. Jadi, jika dihitung secara kasar, maka di akhir program yang akan menjadi tantangan saya dalam 30 hari ke depan adalah saya akan mendapatkan paling tidak 30 tulisan.

Lalu, apa yang mendasari saya untuk membuat tantangan menulis di secara rutin selama 30 hari ini. Hal yang paling penting tentu saja adalah masalah produktivitas. Dan produktivitas ini tidak akan muncul jika tidak 'dipaksa'. Saya membuat tantangan ini supaya saya mempunyai suatu disiplin diri untuk tetap menulis walaupun saya sedang sibuk atau waktu yang saya miliki sangat sedikit. Maka dari itu, saya dituntut untuk pandai-pandai membagi waktu dan pikiran, mencari bahan tulisan yang sekiranya cocok untuk ditulis cepat dan informatif, dan mampu menyelesaikan tugas-tugas pokok saya di kantor sebagai seorang karyawan yang tentunya mempunyai seorang bos dan tugas-tugas yang harus dipertanggungjawabkan.

Tak ada alasan lain yang mendasari niat saya ini selain memberikan stimulus bagi diri pribadi untuk membentuk suatu sikap disiplin dalam menulis. Saya tidak mau memikirkan bahwa tulisan saya nantinya tidak akan dibaca oleh orang banyak. Yang terpenting, saya hanya ingin menulis dan menulis. Menumbuhkan sikap kreatif saya dan terus-menerus menggali ide-ide yang selama ini luput dari pengamatan saya.

Topik-topik yang akan saya tulis mungkin adalah topik-topik yang tidak terlalu berat. Bahkan mungkin hal-hal sederhana yang ada di sekitar kehidupan pribadi saya. Bisa jadi saya akan menulis banyak tentang cerita pengalaman dan pengamatan saya selama berangkat atau pulang kantor. Saya akan menuliskan pengalaman dan pengamatan saya tersebut yang sekiranya menjentik pemikiran (setidaknya menurut pemikiran saya).

Bisa jadi apa yang saya angkat dalam tulisan-tulisan saya selama 30 hari mendatang merupakan tulisan yang sangat membosankan dan tidak menarik untuk dibaca. Dan seperti saya katakan di awal niatan saya untuk memulai proyek ini, tantangan ini saya niatkan untuk menumbuhkan daya kreativitas dan kedisiplinan dalam menulis. Semoga apa yang menjadi niatan saya bisa menjadi modal dasar yang baik untuk membentuk suatu sikap hidup berkreativitas yang berdisiplin dan juga bisa diikuti oleh semua orang yang mempunyai niatan serupa. Karena saya yakin bahwa kreativitas itu bisa tumbuh dari ilham yang muncul tiba-tiba, bisa juga timbul karena suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang secara rutin.

Salam semangat. Semoga kreativitas senantiasa mendatangi orang-orang yang giat berlatif dan selalu mengeksplorasi kemampuan diri.

Gambar dipinjam dari sini.

2 comments:

  1. Pak Adie, sebetulnya jabatan atau pekerjaan (PNS pada sebuah kementerian) yg Anda emban itu dapat mengangkat citra Pak Adie sbg penulis blog. Maka dari itu, saya salut dengan Anda. Nasib Anda lebih beruntung daripada saya. Dalam kaitan ini, dlm blogging, saya tampaknya mendapatkan "tentangan" secara halus dr lingkungan saya yang notabene petani.

    ReplyDelete
  2. Urusan nge-blog sama sekali tidak ada kaitannya dengan pekerjaan pokok saya sebagai PNS. Ini dunia yang sama sekali lain. Mengapa saya menyukainya? Karena saya suka menulis, yang kedua, sebagai media untuk refreshing akibat kepenatan pikiran sehabis kerja seharian. So, keep spirit in writing. Semua orang memiliki kesempatan yang sama asal mau berusaha dan bekerja sedikit lebih keras dari usaha yang dijalankan oleh orang kebanyakan. Cheers ;=)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...