Monday, February 07, 2011

This Blog is Still Alive

I'm so sorry for not updating this blog for so long.
Bukannya saya malas atau apa, tapi untuk saat ini saya sedang disibukkan
oleh beberapa hal kecil yang mengasyikkan dan lumayan menyibukkan. Pertama, mimpi saya untuk menerbitkan buku sedang mendapatkan angin segar. Saat ini saya sedang mencicil untuk menyelesaikan proyek tersebut. Bukan sesuatu hal besar. Cuma menulis tentang catatan perjalanan saya keliling Indonesia. Kata teman-teman saya sih, mereka ingin sekali mengetahui cerita-cerita yang saya alami selama jalan-jalan.

Ada yang mengira saya sombong karena jarang bersosialisasi. Beberapa teman lama juga pada nanyain ke mana saya. Tapi, bukankah sudah ada jejaring sosial yang membuat kita tetap keep in touch? Karena jarak dan keterbatasan waktu, untuk teman-teman yang jauh, saya hanya bisa berhubungan dengan telfon atau melalui facebook dan tweeter saja. Kadang saya juga harus memberi tahu bahwa pada suatu saat, ada kalanya bagi kita untuk menikmati me time. Hal ini bukan berarti saya anti sosial atau lupa pada teman lama, tapi lebih kepada menciptakan hal baru agar tidak melulu pada hal-hal yang biasa. Ada kalanya juga kita perlu 'usaha' untuk membuat keinginan kita tercapai.

Tapi jangan khawatir, saya juga akan memposting beberapa tulisan saya di blog ini. Saya sudah kangen sekali untuk segera menulis secara periodik di sini. Kangen dengan interaksi di kolom komentar atau mendapatkan perasaan senang kala tulisan saya dikunjungi oleh orang-orang yang saya kagumi.

Kedua, karena sibuk dengan acara kondangan, maka akhir pekan lebih banyak saya habiskan di jalan. Tapi, saya ngaku, sembari kondangan yang hanya beberapa jam itu, biasanya saya melipir ke tempat lain yang ada di dekat situ untuk jalan-jalan. Maksudnya sih ya sekalian menghemat biaya. Kan sayang sudah jauh-jauh naik bus atau angkutan umum buat kondangan, eh begitu acara selesai langsung pulang, padahal liburan masih sehari lagi. Bener kan?



Tapi kadang saya juga meniatkan untuk pergi ke suatu tempat. Bukan apa-apa, kan bosan juga tiap akhir pekan cuma makan tidur saja di rumah. Liburan itu bagus untuk kesehatan. Tapi bisa jadi gak bagus buat kantong. Intinya ya, kalau mau jalan-jalan ya musti mau nabung. Kan mau enak, ya harus mau 'susah' dulu. Itulah yang saya alami sampai saat ini.

Banyak yang mengira saya orang yang tajir melintir sehingga (katanya) sering 'ngabur' tiap akhir pekan. Padahal kan tidak setiap sabtu minggu saya jalan-jalan. Ada kalanya saya hanya tidur gak jelas seharian. Ada juga kalanya hari libur saya habiskan di mal untuk nonton dan makan. Saya rela nabung untuk beberapa bulan demi ikut trip yang (saya pikir) akan menghabiskan sejumlah uang. Bagaimanapun juga, saya selalu memilih tarif termurah untuk menuju suatu tempat. Bukannya tidak kuat bayar, tapi lebih kepada mengalokasikan uang untuk sesuatu yang 'benar'. Masak kita harus bayar mahal sebuah kamar hotel kalau hanya untuk tidur beberapa jam. Bahkan pernah waktu trip di Bali, saya hanya tidur dua jam saja. Sisanya ya saya habiskan untuk keliling pulau.

Mengenai cerita-cerita tentang jalan-jalan memang tidak semuanya akan saya posting di sini. Kata si produser, biar ada surprice untuk pembaca buku. Saya sih asyik-asyik saja. Cuma masalah saya adalah sedikit suka jadi pemalas. Kadang waktu seharian hanya saya habiskan untuk tidur padahal seharusnya saya bisa mendapatkan 5-6 lembar tulisan untuk memenuhi 150 halaman yang ditargetkan.

Selain itu, saya juga agak sering merasa sakit kepala. Kayaknya sih karena keseringan di depan komputer atau keseringan ngetik di laptop. Tapi setelah saya pijit-pijit sendiri, saya sadar bahwa saya bukan robot yang punya tenaga ekstra secara stagnan. Saya juga perlu istirahat agar kegiatan utama saya tidak terganggu. Untuk saat ini, saya hanya berharap bahwa draft buku tersebut segera selesai akhir bulan ini sehingga bisa langsung di submit ke editor bulan Maret.

Mungkin ini saja sekelumit cuap-cuap (pembuka) saya setelah lama tidak ngeblog. Bener-bener kangen dengan dunia kreativitas menulis. Karena buku saya akan berkisah tentang jalan-jalan, maka tak ada salahnya kan kalau saya mau jalan-jalan juga. Berangkattt!!! ;=)

2 comments:

  1. Bagus juga tuh menulis tentang catatan atau laporan perjalanan.

    ReplyDelete
  2. hehehe cuma menekuni hobi lama saja Pak, siapa tahu bisa jadi side job ;=)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...