Monday, May 17, 2010

Blog Terbaik

Blog seperti apa yang menurut Anda baik sehingga layak untuk menyandang predikat Blog Terbaik? Baru-baru ini saya melihat pengumuman tentang blog-blog terbaik dari kompetisi blog yang berpusat di Jerman. Sebelumnya, saya juga mengikuti lomba ini. Berangkat dari iseng-iseng, saya mencoba peruntungan dengan mengikuti lomba ini, berharap bisa jalan-jalan ke Jerman untuk memenuhi hasrat jalan-jalan. Namun, apa daya, berdasarkan keputusan dewan juri yang tidak dapat diganggu gugat itu (sebenarnya saya sangat tidak suka dengan poin aturan ini), blog saya tidak dapat masuk ke tahap yang lebih tinggi.

Memang, pengalaman saya dalam ngeblog mungkin masih bisa dikatakan amatir. Saya akui bahwa saya aktif menulis di blog baru sekitar setahun yang lalu. Jika dihitung dari jumlah postingan, tiap bulan sangat sedikit jumlah postingan yang bisa saya tampilkan di blog ini. Hal itu karena saya hanya menulis tentang segala sesuatu yang menarik minat saya saja. Dan juga, jika kesibukan pekerjaan memang menuntut saya untuk bekerja ekstra, otomatis kegiatan menulis blog sudah selayaknya digeser untuk diganti dengan tidur.

Berangkat dari kebiasaan blogwalking (istilah yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas berkunjung dari satu blog ke blog yang lain), saya jadi mempunyai pandangan sendiri tentang apa itu konsep blog yang baik. Bagi saya, blog paling baik tetap saja blog saya ini (narsis dikit boleh kan hehehe). Blog yang baik adalah blog yang mempunyai keunikan tersendiri, tidak terlalu neko-neko tapi berisi, tidak terlalu mencolok tapi bisa menarik perhatian, tidak terlalu rumit dilihat, dan tidak terlalu rame ini itu. Maksudnya rame ini-itu adalah bentuk blog yang rame di design, ada banner bertabur bintang, gambar-gambar menyala, atau apapun yang disertakan di blog walaupun niat awalnya adalah untuk mempercantik atau membuat blog menarik, tapi jatuhnya malah membuat blog tersebut sangat membosankan untuk dikunjungi. Saya pernah tidak sengaja tersasar ke blog demikian. Dan anehnya juga blog tersebut menang di kompetisi blog yang diadakan oleh salah satu perusahaan rokok besar di Indonesia.

Kalau beberapa orang menganggap bahwa blog yang banyak komentarnya itu sangat menarik, saya justru menganggapnya biasa saja. Hal itu karena tujuan untuk menulis blog adalah untuk membagi informasi. Walaupun tulisan tersebut tak banyak komentarnya, namun jika isi tulisannya berbobot, saya akan lebih memilihnya sebagai blog yang baik. Contohnya adalah blog wartawan Metro TV dan wartawan Sindo ini. Kebetulan keduanya merupakan teman 'ketemu di facebook' saya. Namun, saya selalu menilai tulisan seseorang bukan dari sosoknya, tapi dari tulisan-tulisan yang dihasilkannya.

Blog yang unik dan menurut saya baik (khususnya di Indonesia) adalah blognya:
  1. Raditya Dika karena blog ini memiliki konsep yang jelas akan blognya. Pertama adalah untuk menuangkan ide-ide dan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari dengan dibumbui unsur komedi dan kekonyolan dari penulisnya. Selain itu juga digunakan untuk 'jualan' karya-karyanya yang sudah dicetak menjadi sebuah buku. Silakan intip dan Anda akan mendapati bahwa blognya justru tidak menginginkan adanya komentar.
  2. Ndoro Kakung. Saya tidak tahu apakah Anda familier dengan nama ini. Yang jelas, beliau ini termasuk blogger yang sudah mendapat nama di kalangan para blogger di tanah air. Dan lihat saja bentuk desain blognya. Sangat sederhana. Dan itu yang membuat saya sangat appreciate dengan blog beliau, bahwa blog yang baik sebenarnya tidak ditentukan oleh seberapa rame atau unik tamplate dari blog, tapi tetap saja dari isi yang membuat blog itu dianggap menarik.
  3. Dewi 'Dee' Lestari. Ini merupakan salah satu blog favorit saya. Entah mengapa saya menyukainya. Mungkin karena tatanan bahasanya menarik, isinya bagus, tertata rapi, dan kalimatnya rancak. Isu-isu yang menjadi topik tulisannya pun sangat khas dan 'in' dengan apa yang ada di masyarakat.
Hal itu merupakan salah sedikit contoh dari blog yang secara periodik saya kunjungi entah hanya untuk sekadar 'pelesiran' atau malah untuk brainstorming. Blog lain yang menurut saya menarik dan unik linknya sudah saya tautkan di bagian samping kiri blog ini. Beberapa dari blog tersebut saya mengenal dengan baik pemiliknya. Memang kriteria blog bagus yang saya pasang linknya di samping itu sangat subyektif (sesuai dengan kesukaan saya) tapi saya yakin cukup mewakili untuk kriteria blog bagus. Jika Anda mempunyai blog menarik, silakan saja tulis tautannya di kolom komentar. Jika ternyata memang unik dan 'lain' maka tidak segan-segan saya akan dengan senang hati menaruh linknya di blog saya ini.

Kembali ke topik blog terbaik versi pemenang kompetisi. Saya jadi sedikit banyak beranalisis mengenai pemenang blog terbaik versi pilihan juri. Jika jurinya itu orang Indonesia, maka banyaknya jumlah komentar akan menjadi salah satu pertimbangan. Ini katanya membuktikan bahwa blog tersebut populer. Saya kira pendapat ini tidak selalu tepat. Bahkan seperti saya katakan di atas, blog yang jarang komentarnya bukan tidak menarik, bahkan kadang isinya jauh lebih bermutu. Saya sempat agak mual ketika tidak sengaja kesasar di blog salah satu artis terkenal ibukota. Blognya sangat tidak bermutu, bahasanya kacau, dan bener-bener unrecomended blog to read pokoknya. Tapi, sekalinya dia memosting tulisan, komentar yang mengikutinya bisa ratusan. Benar-benar sampah buat mata saya.

Dan jika jurinya adalah orang luar (negeri) maka jumlah komentar dalam setiap postingan ini bukan pertimbangan. Tapi yang menjadi poin pentingnya adalah tetap isi postingan itu sendiri. Contohnya adalah blognya Ushahidi, blog terbaik tingkat dunia versi The BOBs Blog Award. Silakan tengok blognya maka Anda akan mendapati bahwa tulisan yang dipostingnya hanya akan mendapat respon sedikit saja. Tapi mengapa blog ini yang ditetapkan sebagai pemenang? Ya karena blog ini memenuhi kriteria sebagai blog terbaik seperti yang saya jelaskan di awal tulisan ini. Dan bandingkan dengan pemenang Blog Terbaik Indonesia versi The BOBs blog Award ini. Walaupun, sama-sama berdesign sederhana, namun tetap saja jumlah komentar menjadi poin utama dari kriteria penilaiannya. Bandingkan pula dengan blog terbaik dari sejumlah negara yang diakomodasi untuk mengikuti kompetisi ini di sini.

Itulah sekelumit pandangan saya tentang kriteria blog yang baik. Apapun bentuk designnya, apapun warna tampilannya, blog yang baik tetap saja blog yang sederhana dalam tampilan tapi nendang dalam isi. Blog-blog seperti ini saya kira yang akan tetap mendapat tempat bagi pelancong dunia maya. Dan di atas semuanya, blog yang baik adalah blog yang dimiliki oleh orang yang selalu semangat menulis dan berkreatif di blog. Jadi, jangan menyerah dan patah semangat jika mendapati bahwa blog Anda tidak lebih menarik daripada blog ini atau blog yang saya beri linknya di tulisan ini. Berlatihlah terus dan selalu percaya bahwa suatu saat, Anda akan menemukan titik 'aha' yang menunjukkan bahwa blog Anda merupakan blog yang layak disebut sebagai Blog Terbaik. Setidaknya dari Anda sendiri.

Salam semangat ;=)

Gambar dipinjam dari sini.

2 comments:

  1. Saya terkadang berpikir bahwa saat saya ngeblog, saya seakan-akan bersuara bahkan mungkin berteriak sendiri di belantara hutan yang sama sekali belum dijamah oleh manusia.

    ReplyDelete
  2. itulah yang saya lihat dari tulisan-tulisanmu, keep writing ya ;=)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...