Wednesday, December 30, 2009

Inspiring Blog: Sebuah Kejutan Akhir Tahun

Buku agenda belum selesai ditutup. Kalender belum tuntas melewati hari terakhir. Terompet juga belum mulai ditiup. Namun, germerlap kembang api telah membuncah dalam diri saya saat pagi tadi mendapatkan ucapan selamat dari beberapa teman di blog, email, facebook, dan jejaring sosial lainnya. Hari ini saya mendapati blog ini terpilih sebagai penerima penghargaan Internet Sehat Blog Award 2009 periode minggu kelima Desember 2009 untuk kategori inspiring blog.

Sebenarnya saya agak kaget karena terus terang saya sedang fokus dengan pekerjaan kantor yang memang menumpuk di meja kerja akibat cuti minggu lalu. Saya iseng mengirimkan email ke panitia blog award saat istirahat siang karena hari Senin lalu diberitahu oleh rekan kerja saya bahwa blog temannya berhasil mendapat penghargaan dari Internet Sehat Blog Award 2009. Ternyata, keinginan untuk mencoba-coba itulah yang mengantarkan saya mendapatkan penghargaan ini.

Saya akrab dengan dunia blog sejak setahun yang lalu. Niat awalnya memang tidak untuk diikutkan kompetisi. Blog bagi saya lebih seperti teman berbagi. Sahabat yang asyik diajak ngobrol sambil minum kopi. Media yang nyaman untuk menuangkan gagasan dan tempat untuk berlama-lama menghadirkan diskusi. Sampai saat saya menulis catatan ini, pada dasarnya saya ingin menciptakan sebuah ruang dialog. Terutama dialog dengan diri pribadi. Sebuah komunikasi dua arah dalam satu tubuh melalui dunia maya. Sebuah perjalanan ke dalam diri untuk mendapatkan pengalaman berintrospeksi. Menemukan jati diri. Selain itu, saya tidak ingin segala sesuatu yang berkecamuk dalam pikiran saya hilang tanpa jejak, menguap tanpa bekas, dan terlupakan begitu saja. Di atas semuanya saya hanya ingin berbagi. Memberi sekelumit ide sederhana ini untuk meramaikan sesi diskusi.

Ada saat-saat dalam hidup di mana keinginan untuk membuktikan diri berlabuh dengan penghidupan potensi. Keinginan untuk menulis di blog muncul saat saya berencana belajar menulis sebuah buku. Blog hadir sebagai media untuk berlatih, di mana setiap orang bebas hadir dan pergi, meninggalkan komentar atau hanya mengintip sejenak. Saya tidak terlalu banyak berharap bahwa blog saya akan dibaca oleh banyak orang. Saya bukan artis atau seorang figur publik. Saya hanya ingin menulis dan menulis. Karena menulis membuat saya senang. Kepuasan batin ini terasa nyata saat sebuah tulisan selesai saya tulis dan saya puas dengan hasil akhirnya. Paling tidak menurut saya jika tulisan tersebut dimuat di media, tak banyak yang akan mengkritik dan tak banyak pula yang akan menganggapnya bagus. Sampai suatu ketika, salah satu penulis favorit saya, Dewi 'Dee' Lestari hadir di blog ini dan memberi sedikit komentar. Selain itu, beberapa teman dekat dan saudara saya juga turut andil dalam memberikan semangat dan apresiasi terhadap tulisan-tulisan saya. Dari situ saya yakin bahwa semangat ngeblog dalam diri saya tumbuh seiring dengan semakin banyaknya buku-buku yang saya lahap dan semakin seringnya saya nimbrung dalam beberapa acara diskusi buku.

Blog bagi saya akhirnya berkontemplasi sebagai media yang secara sadar dihadirkan untuk bahan diskusi, arena pembagian ide dan pemikiran, lahan pengungkapan pendapat, dan tentu saja, ajang untuk mengekspresikan diri. Beberapa penyesuaian akhirnya sedikit diterapkan. Bebarapa tulisan yang memang ditulis asal-asalan diseleksi untuk masuk blog jurnal. Tulisan-tulisan yang memang ada tujuannya dan berpotensi untuk diapresiasi hadir di blog ini. Saya sengaja untuk mempertahankan desain blog yang sederhana ini. Saya yakin bahwa blog yang bagus hadir bukan karena 'baju'nya yang semarak tapi karena isinya yang berpotensi menimbulkan impresi bagi siapa saja yang membacanya. Blog yang bagus berisi karya orisinal yang dapat dipertanggungjawabkan dari penulis blog atau pemuatan karya orang lain sesuai dengan kaidah dan etika tentang hak cipta. Blog yang bagus juga menyediakan tautan di mana seseorang yang tidak sengaja kesasar ke blog kita akhirnya bertemu dengan tongkat penunjuknya melalui link yang kita sajikan.

Soal isi bisa variatif. Blog ini sebenarnya tidak melulu membahas tentang isu-isu pemanasan global. Ada banyak hal lain yang menarik minat saya untuk menulis di blog. Pada dasarnya saya menyukai buku, film, musik, dan fotografi. Kisah-kisah dan mozaik kehidupan, nyanyian kemanusiaan, dan apresiasi terhadap kebermaknaan hidup hadir di blog ini baik berupa artikel, puisi, resensi buku, prosa, atau tulisan-tulisan lain yang tak ada pakemnya sehingga sulit sekali diberi nama. Saya memilih hal-hal tersebut karena memang hal tersebut saya rasa dekat dengan setiap orang, penting untuk ditulis, dan saya senang menuliskannya. Ada sedikit alasan yang terbersit untuk membagi segala sesuatu yang luput teramati oleh orang kebanyakan akibat terlalu sederhananya suatu persoalan sehingga mudah untuk dilupakan. Bukankah setiap kita mudah sekali untuk melupakan hal remeh-temeh? Mungkin, tulisan-tulisan di blog ini semacam remeh-temeh sederhana yang mengajak kembali ke ingatan semula.

Penghargaan sebagai inspiring blog dari Internet Sehat Blog Award 2009 merupakan semacam katalis bagi saya untuk lebih semangat lagi dalam menulis dan senantiasa memperbaiki kualitas dan keanekaragaman topik tulisan. Jujur, saya terkejut karena yang biasa berkunjung ke blog ini adalah teman-teman dekat saya, orang yang saya minta datang berkunjung, atau mereka-mereka yang secara tidak sengaja tersesat ke sini akibat arahan tuan Google. Hari ini saya perhatikan dari penanda mata-mata, blog saya diintip lebih dari 200 pengunjung dalam sehari, dikunjungi baik dari dalam negeri hingga luar negeri, dari Eropa hingga Australia, dari Afrika Selatan hingga Amerika, dari Nganjuk hingga London. Sungguh suatu kehormatan mendapatkan kesempatan bagi blog ini untuk sejenak melintas di hadapan pembaca sekalian.

Terima kasih kepada Tim Internet Sehat yang telah memilih blog ini sebagai pemenang Internet Sehat Blog Award 2009 periode minggu kelima Desember 2009. Sungguh sebuah kejutan akhir tahun yang tak diduga-duga sebelumnya. Terima kasih juga kepada teman-teman atas semua kunjungan, komentar, kritikan, saran, dan segala bentuk apresiasi atas tulisan-tulisan di blog ini baik melalui sms, email, facebook, twitter, dan lainnya. Suatu kehormatan dan penghargaan bagi diri saya untuk bisa berbagi dengan kalian semua. Mari kita hiasi dunia maya ini dengan coretan-coretan. Kita ramaikan semaraknya perayaan beride dan berpendapat. Kedepankan etika dan penuhi tanggung jawab moral atas setiap karya yang kita postingkan di blog. Karena ketika suara tak lagi didengar, usul tak lagi mendapatkan tempat, dan pendapat tak lagi diapresiasi di dunia nyata, blog hadir sebagai sebuah oase yang menggiringmu ke alam diam, sambil menyalak nyaring dalam dunia kata. Seperti hal yang selalu saya yakini bahwa kata-kata yang diramu dan disusun menjadi suatu padanan yang apik dapat menimbulkan sensasi permenungan dan meninggalkan impresi yang membekas di hati. Kata-kata berpotensi mengandung sihir yang lebih kuat untuk memprovokasi, mengandung energi untuk menggerakkan, dan membawamu bertamasya dalam diam. Menyelami setiap makna dan mengambil jejak yang tertinggal dalam sebuah keindahan bahasa. Keajaiban Kata.

Gambar dipinjam dari sini.

5 comments:

  1. Sekali lagi selamat yah buat kehadiranmu di sudut sudut eksistensi dalam berkarya, aku cuma berpesan jangan sampai proyek terbesar dalam hidup terlupakan- "publish a book", ^^

    ReplyDelete
  2. @ Rio : insya Allah Rio, ini lagi menata ulang jadwal dan menyisipkannya di sela-sela cuap-cuap di blog ini. Terima kasih untuk semua dukungan dan komentar-komentarmu yang selalu kunanti kehadirannya. Keep writing to you too, buddy. Cheers!!! ;=)

    ReplyDelete
  3. Hallooo...diriku berkunjung..blogger dari mana nie?

    ReplyDelete
  4. @ Mbah Jiwo : salam kenal juga mbah ;=)

    @ Wahyu : Halo juga, saya lahir di Nganjuk, sekarang menetap di BSD City, Serpong. Salam kenal sebelumnya. ;=)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...