Tuesday, June 22, 2010

Episode #27: Trip Bareng Bule (1)

Apa menariknya sih trip bareng bule? Dulu, waktu masih SMP, teman-teman saya tamasya ke Jogja, mengunjungi Borobudur, Keraton Jogja, Prambanan, dan begitu sudah masuk sekolah lagi dibawalah beberapa foto kenangannya bareng bule. Waktu SMU juga gitu. Teman-teman saya ke Bali dan begitu udah masuk sekolah lagi, dengan bangganya bilang 'ini lho foto-foto saya bareng bule'.

Hah, apa menariknya coba? Dulu waktu masih sekolah keinginan untuk kenal bule hampir-hampir gak ada. Pertama, karena dulu belum bisa bahasa Inggris. Kedua, karena (katanya) bule itu bau. Begitu saya 'menjajah' Jakarta dan mulai menginvasi mal-mal, mulailah saya tahu macam-macam bule, dari bule ganteng sampai bule cantik, dari yang kaya sampai yang kere, dari yang pebisnis sampai yang turis semua ada dan tumplek blek di Jakarta. Wah, teman-teman saya bisa ngiler foto ama bule nih? pikir saya.

Anyway, tadinya tidak kepikiran hidup saya bakal berhubungan dengan bule. Tapi sejak senang jalan-jalan dan menyadari bahwa kemampuan bahasa Inggris itu penting, mau gak mau saya musti sekali-kali ngobrol dengan bule untuk melatih kemampuan speaking dan listening.

Waktu ke Belitong, saya belum begitu berani ngobrol dengan bule. Cuma 'say hey' saja. Pas ke Bali baru agak berani. Berangkat dengan teman-teman akhirnya nyampai juga saya ke Pulau Dewata. Sejak di bandara Soekarno-Hatta, saya tertarik dengan sekelompok anak muda yang unik-unik (wajahnya mirip dengan boneka barbie). Selidik punya selidik, ternyata mereka berasal dari Jerman. Pantas saja. Bangsa Arya memang selalu perfecto untuk tampilan fisik.

Selama di Bali pun, entah bagaimana, yang paling sering jalan bareng kami adalah bule Jerman. Di hotel tempat kami menginap pun banyak bule Jermannya. Ceritanya suatu pagi saat sarapan nasi goreng bareng teman-teman, ada cewek Jerman cantik duduk sendirian dengan anggunnya. Dari gelagat dan 'tanda' matanya sih mengundang saya untuk join ke mejanya. Setelah terjadi beberapa kali kontak mata dan lempar senyum, saya berniat menghampiri mejanya. Tapi, begitu saya mau beranjak, tiba-tiba dia menguap dengan mulut selebar kuda nil. Huuuaaahhhh. Glek. Bener-bener kebo. Langsung deh saya konsentrasi dengan telor mata sapi yang terhidang di depan saya.

Malam di Bali bisa lain lagi. Di sinilah saya pertama kali lihat orang ciuman sampai denger bunyinya. Plok. Hehehe. Saking kerasnya bibirnya bertabrakan. Haduh, jontor gak tuh bibir ampe bunyi gitu. Legian menjadi jalan penuh bule, dengan mayoritas orang Australia yang merajai setiap diskotek di sepanjang jalan. Mereka sudah seperti pemilik area itu saking seringnya nongkrong di situ. Sampai-sampai pas saya mau foto di depan welcome board-nya Paddy's Club, si bule Australia gak mau menyingkir barang sebentar. Padahal saya sudah meminta dengan sopan lho. Lengkap dengan please di belakangnya. Huft. Dasar bule Australianya sengak banget, akhirnya saya yang milih menyingkir duluan. Eh, begitu kita mau off ke hotel (waktu itu jam 2 pagi WITA), ketemu lagi sama bule-bule Jerman yang ketemu di Soekarno-Hatta kemarin. Wah kuat bener tu bule dugemnya.

Banyak bule saya temui di Bali. Bule India bahasanya relatif mudah dimengerti. Mungkin karena orang Asia, jadi dialeknya gak jauh beda dan bahasanya kedengaran seperti Singlish (Singapore English). Paling jorok menurut saya adalah bule Korea. Mungkin pas saya trip ke Bali bertepatan dengan liburnya orang Korea sampai-sampai mau ke mana-mana yang menuhin adalah orang-orang Korea. Saya katakan jorok karena kalau pas bilasan habis berenang, air kerannya diputer paling gedhe. Jadi airnya melimpah ke mana-mana di kamar ganti. Udah gitu, kalau ganti baju, pintunya jarang ada yang ditutup. Yah naked gitu. Nggilani pol. Pengen muntah bener saya.

Kisah saya dengan bule Jerman rupanya belum berakhir. Sepulang dari Bali, dua minggu kemudian saya trip ke Pangandaran, Jawa Barat. Di situ saya ketemu lagi dengan bule Jerman. Kita berenang bareng sambil ngobrol-ngobrol di Pantai Batu Karas yang lautnya lumayan tenang. Awalnya sih saya di pinggir. Mungkin karena keasyikan ngobrol, tak terasa ban yang saya tumpangi terbawa arus hingga ke tengah. Mampus. Saya gak bisa berenang pula. Dengan tersengal-sengal saya berusaha mencari bantuan. 'Tolong tolong, help help, somebody help me'.

Parahnya orang yang paling deket adalah si bule Jerman itu. Saya minta tolong ke dia untuk ditarik ke pinggir karena gak bisa berenang. Dan tau gak ekspresinya gimana? Datar dan biasa saja. Kampret. Dia bilang saya becanda gak bisa berenang. Hah, udah megap-megap gini masih dikira becanda. Akhirnya saya teriak lagi manggil-manggil teman saya yang lagi asyik latihan surfing. Untunglah bantuang datang. Si Amir yang pandai berenang itu menggeret saya ke pinggir dengan kakinya yang bau, lengkap dengan tawa terbahak-bahak akibat dicuekin si bule Jerman. Penderitaan saya belum berakhir. Begitu sampai ke pinggir, ban yang saya tumpangi terbalik. Saya jatuh terjungkal dengan kepala di dalam air dan kaki nyangkut di ban. Bagus deh. Air laut masuk semua ke kuping dan mulut. Yah nasib. Untung saya gak norak pengen foto bareng bule segala. Bisa tambah malu ni muka hehehe. ;=)

5 comments:

  1. is saragih .......

    yg orang korea maho ya gan hahaha

    ReplyDelete
  2. is saragih ...... :

    hahaha....
    nulisnya ngga jelas sih dia co/ce :DD

    ReplyDelete
  3. cowok cewek sama, semua objek wisata full bule korea, busyet deh hahahaha

    ReplyDelete
  4. Pas aku di samudra hindia diajakin naik ban gedhe sama temen, tapi aku cengengesan aja nggak mau.
    Malu donk, kayak nggak bisa renang aja. hahahaha...

    Windu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...