Wednesday, June 09, 2010

Episode #12: Cerita Foto (Bagian I)

Karena setiap gambar punya ceritanya masing-masing, sangat layak memasukkan sesuatu dalam blog ini yang berkaitan dengan fenomena dan kenyataan, ironi dan kepahitan hidup, kemegahan dan kekumuhan, serta segala sesuatu yang 'bersuara' sekalipun berasal dari sebuah gambar sederhana.

Sebuah gambar atau sebentuk karya fotografi seringkali secara tersirat menyampaikan pesan yang dapat dengan gamblang terbaca maksudnya atau membutuhkan sedikit penjelasan dan penerjemahan dalam mengartikulasikannya.

Dan di kawasan Teluk Jakarta, saya mencoba untuk menangkap sesuatu yang (menurut saya) penting melalui lensa kamera SLR Canon EOS 50D I EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS. Inilah foto-foto hasil (percobaan memotret) yang saya lakukan di atas perahu motor milik nelayan Angke yang bertolak dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Dari iseng-iseng itu, saya jadi berpikir satu hal. Ternyata kota Jakarta menyimpan eksotika objek foto yang memikat pemula seperti saya untuk mengeksplorasi keunikannya melalui kelincahan berkamera.

1. Berangkat Melaut






2. Antri Berlayar









3. Menjulang Sekoloni







4. Pesona Pulau Berjembatan Cinta

Dan itulah sekelumit hasil tangkapan kamera yang (menurut saya) masih terasa seperti jepretan amatiran. Ya, saya akui, saya masih baru dalam hal penggunaan kamera digital model SLR.

Namun demikian, gambar sederhana itu saya niatkan untuk mencari atau menangkap cerita dari balik suatu gambar alam yang tersaji di depan mata saya. Sungguh menarik sekali kegiatan fotografi itu.

Dan saya baru mengerti sekarang. ;=)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...